Selasa, 21 Februari 2017

MANFAAT INTERNET DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Post oleh : Unknown | Rilis : 07.11 | Series :
KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
MANFAAT INTERNET DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Disusun Oleh :
Nama : Joshua Delwyn Raymond Talubun
NIM : 16.11.0389
Kelas : 16 S1TI 06
Kelompok : H


Abstrak

Karya ilmiah ini menjelaskan tentang penmanfaatan internet dalam dunia pendidikan,  terutama dalam prespektif para pelajar. Internet adalah salah satu metode yang sangat baik untuk pembelajaran, tetapi dalam masa modern ini internet tidak hanya memberikan dampak positif tapi juga mempunyai dampak negatif bagi pelajar jaman sekarang. oleh karena itu saya mengambil topik ini untuk mempelajari lebih dalam tentang pemanfaatan komputer yang benar bagi pendidikan sekarang ini.

Pendahuluan 

Internet adalah salah satu jenis media elektronik yang sangat populerdimasa kini dan banyak digunakan oleh kalangan-kalangan remaja. Internet punya banyak fungsi bagus,tapi pelajar kebanyakan salah untuk menggunakkannya.

Sekarang ini banyak sekali orang yang dapat menggunakan internet, apakah itu orang dewasa maupun anak muda. Tetapi penmanfaatan dari internet masih belum maksimal, kebanyakan hanya menggunakan internet sebagai media untuk permainan dan blm menyadari dampak yang akan terjadi.
Karena minimnya pengetahuan tentang dampak internet inilah yang membuat banyanknya pengaruh buruk terhadap kaum muda jaman sekarang, oleh karena itu saya akan membahas manfaat yang seharusnya kita bisa dapat melalui internet.

Pembahasan

 Inter Connected Network  atau yang sering kita kenal dengan istilah internet merupakan media yang digunakan untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi. Siapapun dapat menggunakan internet tanpa dibatasi. Bila digunakan secara benar, internet memberikan dampak yang positif namun sebaliknya kalau disalahgunakan internet dapat berdampak negatif. Dunia pendidikan sangat terbantu sekali dengan adanya internet. Tentu saja kalau benar-benar digunakan dengan semestinya. Banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh dunia pendidikan dengan adanya internet ini. 
Berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa kita dapat dalam dunia pendidikan:

  1. Mempermudah Pencarian Referensi Internet mempermudah pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan kata kunci pada mesin pencari (search engine) maka akan tersedia daftar tulisan yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari tersebut.
  2. Menyediakan Fasilitas Multimedia Sebagai penyedia informasi, internet memiliki banyak kelebihan dari pada buku. Orang dapat membaca, mendengarkan, menonton video, bahkan menonton TV melalui internet.
  3. Menyediakan Sumber Informasi yang Relatif Murah Seringkali orang membutuhkan informasi sesaat, dimana jika ia harus membeli buku maka harganya akan sangat mahal. Dengan internet orang dapat memperoleh informasi tanpa harus membeli buku atau majalah yang sangat mahal oleh karena itu internet dapat menjadi sumber informasi Alternatif  yang dapat kita gunakan.
  4. Menyediakan Sumber Pelajaran Tambahan Melalui internet, orang dapat mencari informasi tambahan dengan mudah melalui internet yang tidak diperoleh dari sekolah atau buku pelajaran.
  5. Memudahkan Komunikasi Internet dapat digunakan untuk saling berkomunikasi melalui email, video, konferensi jarak jauh, forum, Media Social, dsb. Hal ini memungkinkan dilaksanakannya pendidikan jarak jauh. Banyak ahli di berbagai bidang yang menyediakan ruang konsultasi di situs pribadi mereka atau di situs resmi suatu lembaga untuk bertanya berbagai masalah.
  6. Membantu Pemahaman Informasi yang kita peroleh dari guru terkadang sulit untuk dimengerti atau dibayangkan. Internet menyediakan informasi tambahan berupa gambar, contoh, animasi, dsb yang dapat membantu anda memahami informasi tsb yang terkadang sulit dimengerti.
  7. Mendorong Penguasaan Bahasa Asing Banyak sekali informasi penting dan menarik yang tersedia dalam bahasa asing terutama bahasa Inggris. Hal ini akan memotivasi orang untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.
  8. Mendorong Kreativitas Banyak hal yang dilakukan orang lain yang kita ketahui dari internet dapat memberi inspirasi dan mendorong kita untuk lebih kreatif dalam berkarya.
  9. Menyediakan Metode Pengajaran yang Lebih Menarik Beberapa bentuk pengajaran dilakukan dalam bentuk permainan, kuis, permainan logika atau puzzle dll.
  10. Sebagai media sarana untuk memperkenalkan secara luas melalui internet kepada orang-orang tentang lembaga pendidikan tersebut dengan membuatkan web tentang Pendidikan, dan juga dapat dijadikan sebagai media interpersonal dan massa.
  11. Dapat digunakan sebagai sarana untuk mencari bahan materi ajar baru dan terupdate dari internet yang akan diberikan kepada anak didik.
  12.  Internet dapat di jadikan alat untuk berdiskusi dengan anak didik agar pengetahuan anak didik itu semakin luas.
  13. Internet dapat digunakan untuk mempengaruhi peningkatan motivasi dan menguatkan pengajaran serta meningkatkan lingkungan psikologi pada anak didik.
  14. Internet dapat dijadikan sarana Untuk merangsang dan memotivasi siswa atau mahasiswa dalam mengembangkan intelektualnya sehingga dapat mengembangkan penelitian dan pengembangan ilmu baik teoretis maupun terapan.
  15. Internet dapat menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu agar tetap dapat menikmati pendidikan melalui media internet oleh karena itu internet dapat dijadikan pendorong majunya pendidikan masa depan.

Referensi :
http://inet16.blogspot.co.id/2015/05/manfaat-internet-dalam-bidang.html
http://endablogs.blogspot.co.id/2012/05/contoh-karya-ilmiah-tentang-internet.html
http://pengayaan.com/5-manfaat-internet-bagi-dunia-pendidikan/
http://www.camsh.com/internet/manfaat-internet-bagi-pelajar-pendidikan-dan-masyarakat.html

google+

linkedin