Kamis, 23 Februari 2017

PEMANFAATAN INTERNET DENGAN IKLAN

Post oleh : Unknown | Rilis : 11.08 | Series :
KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
PEMANFAATAN INTERNET DENGAN IKLAN
Disusun Oleh :
Nama : Joshua Delwyn Raymond Talubun
NIM : 16.11.0389
Kelas : 16 S1TI 06
Kelompok : H


Abstrak
saya memilih judul Pemanfaatan Internet dengan iklan, karena saya rasa banyak juga orang yang memiliki keinginan berbisnis tetapi dia takut untuk hal itu hanya dikarenakan oleh biaya dan takut oleh kegagalan. Maka dari itu disini saya akan membahas Pemanfaatan Internet dengan iklan. Asal ada niat dan kemauan yang besar apapun mungkin bisa untuk menjauhi dari kegagalan apabila mengalami kegagalan jangan menyerah,karena kegagalan awal dari kesuksesan. Sebenarnya yang dibutuhkan disini hanyalah skill atau kemampuan yang memadai. Jadi pertama-tama siapkan diri anda terlebih dahulu.

Pembahasan
Iklan adalah segala bentuk presentasi non pribadi dan promosi gagasan barang atau jasa oleh sponsor terterntu yang harus dibayar,iklan merupakan cara yang berbiaya efektif guna menyebarkan pesan baik untuk membangun preferensi maupun untuk pendidikan.Iklan dijaringan internet saat ini sebenarnya lebih banyak dimanfaatkan oleh mereka yang terjun ke bisnis terkait seperti Microsoft,Excite,dan yahoo.Saat ini jaringan internet di Amerika mencapai 1% dari total pengeluaran iklan media,dimana jumlah ini masih tergolong kecil.

Jenis iklan yang dapa ditayangkan di jaringan internet makin beragam.Diperkirakan jumlah anggaran iklan di cyberspace ini masih kurang dari 1% dari total belanja iklan di media Indonesia.Beberapa hal yang menjadi penyebab adalah adanya keraguan terhadap efektivitas iklan melalui media internet,belum banyaknya pebisnis yang mengerti manfaat internet dalam bisnis selain komunikasi dan belum banyaknya biro iklan yang memanfaatkan internet sebaga media alternative beriklan.Saat ini internet masih dianggap komplemen dan belum isa dianggap pengganti media iklan konvensional yang selama ini kita kenal.


Karena mudah untuk mencapai segala jenis penonton tentang segala macam bisnis, kemungkinan penyalahgunaan selalu ada. Berdasarkan iklan Internet diklasifikasikan menjadi dua jenis iklan, iklan online iklan online legal dan ilegal. Hukum termasuk iklan online direktori iklan online, iklan mesin pencari, e-mail iklan, dan iklan desktop. iklan ilegal lebih umum dikenal sebagai spamming. Hal ini biasanya dilakukan dengan mengubah beberapa pengaturan sistem dengan bantuan aplikasi eksternal setelah pop-up yang dikirim ke jaringan tertentu atau komputer. Aplikasi eksternal dikenal sebagai adware atau spyware. Beberapa benar-benar berbahaya, yang paling terkenal adalah Trojan, yang sangat sulit untuk menghapus dan dihapus dari sistem.

Dengan peningkatan teknologi, efek khusus yang digunakan untuk membuat iklan yang lebih menarik. Warna, tata letak halaman yang baik dan banyak imajinasi yang terlibat. Biasanya Adobe Flash digunakan untuk desain iklan hari ini. Tergantung pada teknologi yang digunakan untuk desain iklan dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori.

Iklan Banner adalah animasi ditampilkan di situs web biasanya dibuat dalam HTML atau Eudora. Ada berbagai jenis dan ukuran iklan. Trik iklan banner adalah banner iklan yang memiliki fungsi tambahan kotak dialog dan tombol dan akan ditampilkan sebagai peringatan atau pesan kesalahan. A pop-up adalah iklan ditampilkan di jendela baru yang menutupi halaman web yang aktif. Sebuah pop-under iklan terbuka di jendela lain yang berada di bawah halaman web aktif dan dapat dilihat setelah jendela saat ini baik ditutup atau diminimalkan.
Iklan interstisial adalah mereka yang ditampilkan sebelum mengarahkan ke halaman yang diinginkan. Wallpaper iklan membentuk latar belakang halaman web. Iklan yang mengapung di layar dikenal sebagai iklan mengambang. Iklan yang ditampilkan dalam bentuk video pada sebuah situs web dikenal sebagai iklan video.

Biaya Beriklan
Sebagaimana iklan-iklan lain,iklan internet perlu menetapkan batas-batasnya.Bila tidak maka anda bias menghabiskan biaya lebih dari yang anda butuhkan.Penting dicatat bahwa perusahaan tahu apa tujuan periklanan yang diinginkannya.Penalarannya jelas.Tidak adanya tujuan evaluasi tujuan mengenai web bias mengarahkan kepersoalan perusakan citra dan informasi secara besar-besaran.Apabila yang diharapkan dari periklanan perusahaan tidak bias diartikulasikan dalam pengertian yang paling luas dan secara sistematis dievaluasi dalam hal ketersampaian dengan media,maka barangkali tidak ada artinya menggunakan web.Begitu ditentukan bahwa menggunakan web sebagai wahana beriklan maka hal itu akan betul-betul menguntungkan perusahaan guna mencapai tujuan.Perhatian manajemen harus beralih ke web.Mereka perlu memahami aapa itu web dan bagaimana fungsinya,serta harus menyadari akan pentingnya memiliki komitmen jangka pendek mengenai penayangan informasi.Hanya dengan begitulah nantinya mereka akan bias memutuskan beberapa banyak uang akan dibelanjakan untuk beriklan diinternet.


Mentransplantasikan tujuan periklanan televise kedalam tujuan beriklan di web agaknya tidak akan memadai.Iklan web diperuntukan bagi dinamika yang berbeda.Televisi,radio,Koran dan majalah mengandalkan periklanan in-your-face dan penyusupan ke dalam kesadaran seseorang iklan web bias mempengaruhi orang secara berbeda karena sifat interaktifnya.Perusahaan perlu menilai apakah mereka memiliki komitmen tenaga kerja,waktu dan sumber-sumber keuangan yang diperukan untuk tetap ada di web begitu merek memutuskan mengadopsi web.Celakanya,kurangnya komitmen hanya akan menjadikan situs web tidak akan membawa perusahaan kemana-mana,atau terpaksa harus terus-menerus memberitahukan kepada pengunjung bahwa situs web tidak pernah betul-betul berakhir begitu kita masuk ia perlu perubahan dan dinamika yang terus-menerus untuk bias menarik pengunjung.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan iklan di Internet
Berikut  disampaikan aspek-aspek  yang  menyebabkan  penggunaan  internet  lebih  favorable
dan yang unfavorable. Kelebihan penggunaan internet
1.  Pemangkasan  biaya  perantara  pasar  karena  pembeli  dapat  langsung  dengan  pihak
     produsen dalam pembelian barang
2.  Peningkatan efektivitas iklan karena hannya calon pembeli yang benar-bear berminat saja
     yang akan membolak-balik halaman iklan di internet
3.  Biaa pemasangan yang masih relative murah  dibandingkan dengan pemasangan iklan di
     media  televisi.Tetapi  belum  adanya  undang-undang  teknologi  yang  dapat  membatasi
     pertukaran data internet demi menjaga hak cipta

Kelemahan penggunaan iklan melalui internet:
1.  Konsumen  masih  ragu  dalam  pemesanan  barang  melalui  internet  karena  factor
     kekhawatiran dan keamanan dalam mengirim nomor kartu kredit untuk pembayaran.Oleh
     karena itu perusahaan e-commerce harus menjamin keamanan nomor kartu kredit
2.  Untuk beberapa  jenis produk,konsumen  merasakan adanya  kekhawatiran apaka  barang
     yang terlihat dilayar monitor  betul-betul  persis seperti  yang  diinginkan,karena pembeli
     tidak  memiliki  kesempatan  untuk  memperhatikan  dengan  seksama  jenis  dan  kualitas
     barang yang aka dipesan.
3.  Kesulitan akses e-commerce.Tidak semua orang memiliki akses internet dan tidak semua
     orang memiliki cukup waktu untuk membolak-balik halaman internet.
4.  Bandwidth yang terbatas yang mengakibatkan lambatnya proses tukar menukar data dan
      informasi diantara para pelaku bisnis.

contoh contoh iklan :

Direct Advertising
Direct Advertising yaitu dimana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya.



Self-service Advertising

Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online. Contoh: Blogads dan Google AdWords. 

Ad Networks
Ad Networks adalah Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh: ValueClickMedia dan Tribal Fusion.


Contextual Advertising

Contextual Advertising adalah Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan Yahoo Publisher Network.



Twitter Advertising

Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie dan Twittad.


In-Text Advertising

Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan. Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text Ad.


Ad Network Optimization
Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh: PubMatic dan YieldBuild.

Rep Ad Agencies
Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brend besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion.

Social Advertising
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo.

Video Advertising
Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video

RSS Advertising
Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising.

Sponsorship
Adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.

Refrensi :
M.Suyanto.(2003); “Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia”.Yogyakarta
Penerbit: ANDI Yogyakarta.

Firmanasari,Zakiah (2007) “Efektivitas Penggunaan Iklan Pada Media Internet”.From 
Http://perangkap.blogspot.com/2007/08/efektivitas-penggunaan-iklan-pada-media.html

Nathan Jimbro Alie (2010); “Pemanfaatan Internet Untuk Pasang Ikla Bisnis”.From 
http://karpetbasah.blogspot.com/2010/06/pemanfaatan-internet-untuk-pasang-iklan.html

Syariful,Helmi (2014);” 12 Jenis – jenis Iklan Online”.From
https://helmisyariafulblog.wordpress.com/2014/01/07/iklan-online-2/



google+

linkedin